31 Mei 2022 11:57:16
Ditulis oleh Admin

KEGIATAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT (BBGRM) DESA SUMURJALAK

Sumurjalak, 31 Mei 2022. Kepala Desa beserta perangkat desa dan TP PKK Desa Sumurjalak turut berpartisipasi dalam gerakan nasional Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang diperingati selama satu bulan pada bulan Mei setiap tahunnya. BBGRM merupakan suatu gerakan nasional yang telah dicanangkan dan diperingati sejak tahun 2003. BBGRM itu sendiri adalah nilai-nilai gotong royong kerja sama dengan masyarakat dalam berbagai bidang pembangunan. Nilai-nilai dalam gotong royong merupakan bagian dari sistem yang tumbuh dan berkembang di masyarakat sebagai nilai budaya bangsa yang harus terus dilestarikan guna memperkokoh NKRI. Peringatan BBGRM ini juga merupakan momentum bagi Pemdes Sumurjalak umtuk bersama-sama dengan masyarakat dalam membangun Desa Sumurjalak menjadi lebih baik lagi.

Tujuan dari diadakannya BBGRM yaitu untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan menuju penguatan integrasi sosial melalui kegiatan gotong royong dalam pelaksanaan pembangunan serta peemeliharaan hasil pembangunan. Adapun sasaran yang akan diwujudkan dengan dilaksanakannya BBGRM adalah untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan, meningkatkan kemitraan antara masyarakat dan pemerinta5h dalam pelaksanaan pembangunan, meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

BBGRM itu sendiri terdiri dari beberapa bidang kegiatan, diantaranya yaitu kegiatan gotong royong di bidang kemasyarakatan sebagai penguataan sistem keamanan lingkungan dan penegakkan ketentraman serta ketertiban masyarakat ; kegiatan gotong royong di bidang ekonomi sebagai penguatan, pembangunan serta perbaikan perekonomian di masyarakat dan fasilitasi pengembangan usaha serta lembaga simpan pinjam di lingkungan masyarakat ; kegiatan gotong  royong di bidang sosial budaya dan agama untuk seperti pelayanan kesehatan, pembangunan dan pemeliharaan sarana olahraga, pertunjukan seni budaya, pembangunan dan pemeliharaan sarana ibadah ; kegiatan gotong royong di bidang lingkungan untuk pembangunan dan pemeliharaan prasarana lingkungan pemukiman,  serta konservasi, rehaabilitasi dan reboisasi laahan kritis.

Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan BBGRM ini adalah untuk mewujudkan budaya gotong royong dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya sekedar slogan, sebatas kata-kata, ataupun jargon belaka. Namun diwujudkan dalam tidakan yang nyata, ditengah kondisi masyarakat yang semakin individualistis, dan cenderung kompetitif.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus